Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 653 X

Pertanggung Jawaban Hidup

Sahabat prayers, bagaimana jika suatu ketika anda meminjamkan mobil kepada teman anda, lalu teman anda mengembalikan dengan kondisi rusak. Apa yang anda lakukan? Tentu pastinya anda akan meminta pertanggung jawabannya. Sama hal yang dengan kehidupan, kelak suatu saat nanti kita akan diminta pertanggung jawabannya.

Sama hal yang dengan kehidupan, kelak suatu saat nanti kita akan diminta pertanggung jawabannya.

Allah SWT yang menghidupkan dan memelihara serta memberi fasilitas hidup. Dan pemberi hidup akan menuntut kita untuk bertanggung jawab terhadap perbuatan kita saat di dunia.

Diriwayatkan oleh Abul Hasan Ar-Ridho, firman Allah SWT dalam hadits qudsi berikut ini:

“Wahai anak-anak Adam, keputusan-Ku memberikan kepadamu hak memilih. Dengan kekuatan-Ku, engkau melaksanakan kewajiban-kewajiban; dan dengan ni’mat yang Ku-berikan padamu, engkau lakukan maksiat terhadap-Ku.

  Aku jadikan engkau dapat mendengar, melihat, dan kuat. Apapun kebaikan pada dirimu, itu adalah pemberian-Ku. Dan apapun keburukanmu, adalah dari dirimu sendiri.

  Demikian itu Aku lebih menginginkan kebaikan dirimu daripada dirimu sendiri (Karena manusia sudah diberi kebebasan). Dan engkau yang membuat dirimu bermaksiat. Aku dapat berbuat apa saja tanpa mesti mempertanggungjawabkan apa yang Ku perbuat. Sedang engkau tetap mesti bertanggung jawab atas perbuatanmu”. 

Di dunia ini, mungkin anda bisa lari dari tanggung jawab, seperti halnya lari dari panggilan KPK. Namun anda tidak akan pernah bisa lari, bahkan bersembunyi dari yang Maha melihat.

Maka dari itu, berhati-hatilah dalam bertindak di muka bumi ini. Sebab tiada satu hal pun yang luput dari-Nya. Apapun yang kita lakukan, kelak akan diminta pertanggung jawabannya.

Intinya berhati-hati dalam berbuat dan jangan lupa untuk tetap saling berdoa ya sahabat prayers!

 

          

 

 

Kolom Komentar