Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 104 X

Kholiq

Sahabat prayers
Kita manusia tercipta dalam keadaan fitri, artinya polos, bebas dari penjajahan makhluq. Hidup sesuai dengan program Kholiq.
Itulah surganya Adam, bebas dari hawa.

Setelah Adam menuruti kehendak hawa (nafsu), ia pun membutuhkan tempat pembuangan bekas nafsu. Sedangkan surga suci tidak dapat dikotori oleh ampas nafsu, maka ia pun mesti keluar dan turun di Shofa, sedang istrinya turun di Marwa - Mekkah, di dunia.

Begitulah kita, adam-adamnya terlahir untuk berlatih agar kembali ke surga dengan melawan hawa. Bila kita mampu melawan hawa, maka akan terbebas dari penjara nista, kemudian menjadi manusia yang layak menempati surga kembali, roji’un ke istana Allah.

Setelah memerdekakan diri dari penjajah, maka bersemi dalam pemikiran dan perasaan tidak menyukai penindasan, mulai mencintai keadilan yang bijak, dan kebijakan yang adil. Selanjutnya berusaha ingin membebaskan segala yang eksis, semua makhluq yang hidup dan hayat dari penindasan dan kezaliman.
Begitulah iman cinta.
Itulah ibadah cinta.

Mencintai makhluq Allah dengan upaya da’wah, artinya membebaskan mereka dari penjajah hawa dan penindasan manusia-manusia zalim di alam kegelapan zulumat. Mengajak mereka semua ke alam nur, alam kemerdekaan kemanusiaan yang adil dan beradab.
Itulah insan fitri.

Kolom Komentar