Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 276 X

Kekhusukan Ibadah

Halo, sahabat prayers.

Selamat berahkir pekan, semoga kita selalu sehat dan selalu menyayangi allah swt, aamiin. Sahabat prayer shalat merupakan salah satu ibadah bagi umat muslim.

Pengertian ibadah itu sangat luas. Setiap perbuatan, ucapan, ingatan, niat, berbuat atau tidak jadi berbuat, bila diridhoi Allah SWT maka akan menjadi ibadah.

Ibadah terbagi menjadi dua:

1.     Ibadah formal atau ibadah dinas, yaitu ibadah-iabadh wajib dan sunnah. Ibadah ini terikat dengan rukun, syarat dan waktu. Contoh: sholat, puasa, haji dan lain-lain. Semua ini harus mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. Kalau dilakukan tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW maka disebut bid’ah.

2.     Ibadah non formal atau ibadah non dinas, yaitu segala kegiatan manusia yang diridhoi Allah SWT, seperti mencari nafkah dengan niat menafkahi keluarga dan sebagainya. Ini akan dinilai sebagai ibadah walaupun pekerjaan yang dilakukan tidak seperti yang Nabi lakukan.

 

Saat melakukan ibadah formal atau ibadah dinas seseorang yang mendirikan shalat, berarti masuk ke hadirat Allah SWT, berada di hadapan Allah SWT. Terdapat 3 Anjuran Khusyu untuk Shalat yaitu :

Keinginan – Fikiran – Perasaan 

Contoh : ketika ada Keinginan untuk makan maka Fikiran akan mengidentifikasi makanan yang telah tersedia, ketika kita menyesuaikan makanan dengan rasa maka makanan akan semakin nikmat, karena kita ingin makan fikiran kita fokus kepada makanan, dan kita merasakanya perlahan-lahan maka terasa nikmat dan nyaman

Begitu juga Khusyu, khusyu terjadi ketika kita ingin, lalu kita fokuskan ingin kita kepada fikiran kita untuk bertemu yang maha cinta, lalu kita rasakan, setiap gerakanya, setiap bacaanya, secara perlahan tanpa ada satu fikiran dari dunia, hanya kita dan allah.

 

Kolom Komentar