Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 236 X

Hasad

Asalamualaikum, sahabat prayers

Semoga selalu sehat dan cinta kepada allah SWT, aamiin.

Sahabat prayers, ada sebuah penyakit yang sangat berbahaya dan jarang bisa terdeteksi oleh diri sendiri, penyakit tersebut yaitu Hasad. Hasad atau iri ini salah satu penyakit kanker ruhani yang berbahaya. Penyakit ini penyebab kesombongan dan kebencian.

Dalam hadits qudsi, tertulis firman Allah kepada Nabi Musa bin Imron: “Wahai putra Imron, janganlah berhasad (iri) kepada manusia atas apapun yang Ku-berikan kepada mereka dan jangan arahkan pandangan matamu ke pemberian-Ku tersebut. Jangan susahkan hatimu dengan mengingatnya terus menerus, karena hati yang iri membenci ni’mat-Ku dan melawan pemberian-Ku kepada hamba-Ku. Barang siapa berhati seperti itu, maka Aku tidak dekat dengannya dan dia bukan siapa-siapa terhadap Aku.”

Hasad (iri) itu suatu penyakit jiwa yang menjangkiti seseorang yang iri atas kelebihan orang lain dan ia mengharap agar kelebihan materi atau lainnya itu tercabut dari orang lain, baik ia menginginkan hal itu untuk dirinya ataupun  tidak.

Iri bersemayam dalam hati orang yang merasa kurang memiliki obyek yang diirikan itu. Ia merasa rendah diri dalam bidang yang diirikan itu, sedangkan hal itu sempurna pada orang yang ia iri padanya. Sebaliknya, orang yang sombong, ia merasa lebih atau paling sempurna; mereka yang berpenyakit seperti ini cenderung merendahkan orang lain. Sedangkan hasad (iri) mengharap supaya orang yang diirikan itu hilang lenyap kelebihannya.

Sahabat prayers, yuk kita selalu bersyukur agar terhindar dari penyakit hasad.

Kolom Komentar