Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 316 X

Tabbayun

Halo sahabat prayers,

Selamatt menikmati ahkir pekan sahabat prayers, selamat istirahatt. Sahabat prayers sekarang semakin cepat informasi, semakin banyak juga pengetahuan atau anjuran anjuran dari teman atau keluarga melalui Broadcast message di whatsapp maupun social media lainya. Tapi, sahabat prayers pesan-pesan yang diberikan juga kita belum tentu tauu kebenaranya kalau ga kita check.

Masalahnya zaman sekarang dibalik kecepatan dan informasi yang instant membuat kita mempercayainya dengan instant. Kepercayaan yang instant membuat kita langsung berburuk sangka yang bisa memicu terjadinya kesenjangan baik antara teman, keluarga, dan lain-lain.

Renungkanlah firman suci surat Al-Hujurot ayat 12:

 

Wahai yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka buruk, karena sebagian dari prasangka buruk itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang, dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati (bangkai)? Tentulah kalian merasa jijik. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha penerima taubat lagi penyayang.

 

Sahabat prayers, kita saring dulu yuk informasi yang kita dapat dengan Tabbayun yaitu mencari keterangan, melakukan penyelidikan terhadap masalah yang ada atau berita yang berkembang. Karena, kalau prasangka buruk terus dipelihara nanti dia akan melahirkan anak yaitu hawa nafsu pembuat bencana.

Jadi, sahabat prayers, kita saring dulu yuk informasi-informasi yang bisa membuat kita benci terhadap sesama manusia, kita bunuh yuk tunggang-an setan pada manusia yaitu prasangka buruk dengan Tabbayun. Cara termudah yaitu dengan tidak langsung mempercayainya, dan mengetahui sendiri kenyataanya dari berbagai sisi

Selamat istirahat sahabat prayers, jangan lupa saling doa!

 

Kolom Komentar