Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 562 X

Manfaatkan Momentum Maulid Nabi untuk Ber-Hijrah

Halo sahabat prayers, sadar gak sih bahwa banyak di antara kita yang belum siap ber-Hijrah, dengan berbagai macam alasan yang dimilikinya. Padahal kita tidak pernah tahu sampai kapan batas usia kita. Bisa jadi kita meninggal sebelum sempat ber-Hijrah, sehingga kita harus menanggung pedihnya dosa yang belum sempat diampuni Allah SWT.

Dalam waktu dekat ini, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut hari kelahiran manusia paling mulia di muka bumi ini. Seorang Rasul terakhir yang menjadi rahmat untuk semesta alam.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT di dalam Quran Surah Al-Anbiya ayat 107:

Dan tiadalah Kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan menjadi rahmat bagi seluruh alam.”

Bahkan dalam suatu Hadist Qudsi diriwayatkan :

لَوْلاَكَ لَوْلاَكَ مَا خَلَقْتُ اْلأَفْلاَكَ

“Kalau tidak karenamu wahai Muhammad, tidak Ku-ciptakan segala yang ada ini.”

Sahabat prayers mari kita sama-sama memanfaatkan momentum hari kelahiran manusia paling mulia di muka bumi untuk menumbuhkan niat berhijrah dan memperbaiki diri.

Hijrah membutuhkan sebuah proses, maka dari itu, di hari maulid nanti tidaklah harus memaksakan diri berhijrah total. Seperti langsung memakai jilbab panjang atau langsung bersorban.

Melainkan dimulai dari hati terlebih dahulu, yaitu dengan berniat. Mulailah ber-Hijrah dari hal yang kecil. Bahkan menebarkan kebaikan secara damai, tidak membawa permusuhan, tidak saling mengkafir-kafirkan, dan tidak merasa diri lebih baik dibanding orang lain, ini saja sudah merupakan langkah awal ber-Hijrah.

Mari kita sambut momentum hari kelahiran Rasulullah SAW dengan penuh kebaikan bagi sesama manusia tanpa memandang golongan apapun dan tentunya jangan lupa untuk tetap saling berdoa.

 

Kolom Komentar