Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 426 X

Taubat? Jangan Nanti-nanti !

Halo sahabat prayers!!! Sadar gak sih, banyak diantara kita yang menyepelekan sikap taubat. Dimana yang kami maksud adalah banyaknya manusia yang tidak sungguh-sungguh dalam bertaubat, atau bahkan suka mengulur-ngulur waktu untuk bertaubat kepada Allah Swt. dengan pandangan masih punya waktu/ umur yang panjang. Sahabat prayers, perlu kalian ketahui bahwasanya tidak semua taubat seseorang diterima oleh Allah Swt. Mengerikan bukan? Yaa, hal ini dikarenakan Allah Swt. bukanlah tuhan yang dapat kita permainkan dengan sikap kita. Diperlukan keseriusan dan tekad yang kuat dalam menjalani ibadah kepada Allah Swt.

Para alim ulama menyimpulkan setidaknya ada 5 syarat agar taubat kita diterima oleh Allah Swt. Pertama, ialah المبادرة في ترك المعصية maksudnya adalah segera meninggalkan maksiat. Jadi apabila kita melakukan suatu perbuatan maksiat, dan kita bertekad untuk bertaubat, maka jangan lagi mengulur-ulur waktu untuk bertaubat. Sesegera mungkin kita tinggalkan perbuatan tersebut, karena ini sebagai salah satu syarat diterimanya taubat.

Kedua, الندم على المعصية maksudnya adalah menyesali perbuatan maksiat. Hal ini menjadi langkah awal bagi orang yang ingin bertaubat, dimana orang tersebut harus ditumbuhkan rasa penyesalan dalam hatinya mengenai perbuatan maksiat yang ia lakukan. Karena apabila tidak ada rasa penyesalan dalam hatinya, maka kelak akan datang lagi keinginan untuk melakukan perbuatan maksiat tersebut.

Ketiga, القرار لعدم فعل المعصية ثانيا maksudnya tidak mengulangi perbuatan maksiat tersebut. Syarat yang ketiga ini berhubungan dengan yang kedua, dimana apabila kita menyesali suatu perbuatan maka otomatis kita tidak lagi melakukan perbuatan tersebut untuk kedua kalinya. Namun apabila kita tidak menyesal maka akan ada kemungkinan kita melanggar syarat yang ketiga ini.

Keempat, قبل الوفاة maksudnya ialah taubat seseorang akan diterima oleh Allah SWT. sebelum ajal menjemput dirinya. Apabila ajal sudah sampai ke kerongkongan, maka seberapa besarpun penyesalan kita, dan seberapa kuatpun niat tulus kita untuk bertaubat, tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Yang terakhir yaitu yang kelima, قبل شروق الشمس من الغرب artinya sebelum terbitnya matahari dari barat. Ini termasuk kepada tanda-tanda kiamat. Dimana apabila sudah datang saat saat terbitnya matahari dari barat, maka tidak akan ada lagi seseorang yang taubatnya diterima oleh Allah SWT. Naaudzubillahi min dzaalik.

Jadi seperti itulah sahabat prayers tentang syarat-syarat agar taubat kita diterima oleh Allah SWT. Yuk mari sesegera mungkin kita jauhkan diri kita dari perbuatan maksiat, karena yang namanya umur tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Persiapkan diri kita untuk berbekal demi kehidupan akhirat nanti. Jangan lupa untuk terus berdoa agar kita senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. dan diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin aamiin Yaa Rabb AlAalamiin...

Kolom Komentar