Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 748 X

HIJRAH

Hijrah

Assalamualaikum sahabat prayers. Kali ini kami akan membahas sebuah istilah yang sedang marak diperbincangkan belakangan ini. Yakni istilah ‘Hijrah’. Untuk yang belum paham mengenai hijrah itu sendiri.  Yuk di simak, penjelasan berikut ini.

Arti Hijrah ialah berpindah dari satu tempat yang kurang baik ke tempat yang lebih baik, yang dimaksud ialah mengikuti jejak Nabi yang melakukan Hijrah dalam arti yang sebenarnya. Hijrah bukan hanya pemindahan fisik, tetapi tujuan dari Hijrah ialah mengubah pola pikir yang negatif kepada pola pikir yang positif.

·          Merubah kebiasaan buruk diganti dengan kebiasaan baik.

·          Berpindah dari tempat yang jelek ke tempat yang baik.

·          Membuang perasan benci, menggantinya dengan perasaan cinta.

·          Berhijrah dari kezaliman kepada keadilan.

·          Berhijrah dari kebodohan kepada pengetahuan.

Jadi intinya, hijrah itu kurang lebih sama dengan taubat. Sama-sama ingin kembali ke jalan Allah SWT melalui Al-Quran dan Sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan Keluarganya.

          Namun perlu diingat sahabat, Hijrah itu bukanlah tren sesaat seperti busana pakaian. Melainkan suatu kewajiban. Jangan hanya karena banyak teman-temannya yang ber-Hijrah lantas ikut-ikutan ber-Hijrah dengan alasan ingin ikut tren. Nanti kalo sudah tidak tren, bisa-bisa balik lagi ke kehidupan buruknya.

          Hijrah butuh komitmen tinggi, butuh ketetapan hati yang kuat, dan keyakinan yang bersungguh-sungguh. Sehingga bilamana nanti ada godaan atau cobaan yang menerka orang-orang yang sudah ber-Hijrah, In Syaa Allah ia tidak akan mudah terlena.

Bila orang lain menebar kebencian, kita menebar kasihan.

Bila mereka menebar perpecahan, kita menebar persatuan.

Memang agak pahit, tetapi inilah hidayah.

Tetap terus berikhtiar dan jangan lupa untuk tetap saling berdoa!

 

 

Kolom Komentar