Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 85 X

Jantung

Sahabat prayers

Fungsi jantung hanya satu yaitu memompa darah. Darah yang mengandung karbondioksida mengalur ke serambi kanan jantung, terus ke bilik kanan, kemudian dibersihkan di paru-paru, yaitu karbondioksida diganti dengan oksigen. Lalu serambi kiri jantung ke bilik kiri, kemudian ke seluruh tubuh.
Siapa Rabb-nya jantung? Siapa yang pelihara jantung? Siapa yang memerintahkan jantung setiap satu kali pompa ½ gelas darah (± 75 cc) dari masing-masing bilik jantung?
Serangan Jantung
Bagaimana itu terjadi?
Dalam satu hari jantung berdetak rata-rata 100 ribu kali dan memompa 9.500 liter darah. Darah mengalir ke pembuluh darah di seluruh tubuh. Suplai energi melalui pembuluh koroner, jantung berdetak otomatis, sistem listrik mandiri.
Bila koroner tersumbat, maka suplai energi terhambat dan sistem listrik jantung mati, dan jantung pun mati, maka ruh keluar terbang “roji’un”. إِنَّا ِللهِ وَإِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْن
Jantung berdetak secara otomatis dipengaruhi oleh sistem saraf pusat yang ada di otak, maka suasana hati berpengaruh terhadap irama detak jantung; misalnya orang yang takut terhadap mayat, karena di hatinya tersimpan rasa takut dan tak menggunakan akal, maka detak jantungnya cepat. Bila ia terbiasa rasional, menggunakan akal, dia tak akan takut. اولو الألباب 
Saat berjalan cepat  -  Jantung berdetak lebih cepat.
Saat ujian                 -  jantung berdetak lebih cepat.
Saat tidur                 -  Jantung berdetak lambat.
Saat berdoa             -  Jantung berdetak lebih lambat.
Saat khusyuk           - Jantung berdetak lebih lambat.

Kolom Komentar