Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 242 X

Sombong

Asalamualaikum, sahabat prayers Semoga selalu sehat dan cinta kepada allah SWT, aamiin.
Seseorang bertanya kepada seorang imam tentang kepalsuan iman, sang imam menjawab: “Yaitu mereka yang congkak; mereka membesarkan diri dengan penuh kesombongan.” Mereka yang terjangkit penyakit jiwa jenis ini gemar menebar pesona agar dikagumi dan dipuja oleh manusia. Dia melupakan pencipta manusia sehingga semua yang dilakukan dalam rangka untuk membesarkan dirinya sendiri, dia merasa dirinya hebat, banyak ilmu dan amal, sehingga merasa wajib dihormati, astaghfirullah, sepertinya dia tidak mempunyai Tuhan.
Congkak ialah sombong membesarkan diri, membanggakan diri melebihi kapasitas diri yang sebenarnya.  
Sedangkan ujub ialah kagum/bangga pada dirinya sendiri
Macam-Macam Kesombongan:
1.  Bangga diri karena merasa paling beriman dan paling benar. Sebaliknya, ada juga yang bangga diri karena tidak beriman.
2.  Sombong karena merasa paling berakhlaq mulia, dengan basa-basinya. Sebaliknya, ada yang juga sombong karena berkelakuan buruk, bangga menjadi preman pasar, preman jalanan atau preman bersorban melakukan bom bunuh diri di masjid fi sabil bidadari.
3.  Sombong karena beribadah banyak. Sebaliknya, ada juga yang sombong karena berani berbuat maksiat.

Dan banyak lagi kesombongan-kesombonga lain yang disebabkan karena keturunan, banyak harta, memiliki jabatan, kekuasaan dan sebagainya.
Itu semua pengantar ujub, lalu bersama setan yang juga ujub, menuju murka Allah.
Naudzubillah mindzalik, yuk kita indari dari kedua penyakit hati ini

Kolom Komentar