Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 253 X

Pembimbing

Sahabat prayerss
Kita dibimbing untuk sampai ke istana yang disediakan Allah swt.
Sejak kita memiliki ruh, kita sudah mendapatkan ilmu khuduri, yang kemudian akan bermanfaat bila kita belajar ilmu khusuli. 

Ilmu khusuli adalah ilmu yang memisahkan subjek ilmu pengetahuan dan objek ilmu pengetahuan. Kehebatan seseorang sangat ditentukan oleh kemampuanya untuk menguasai objek-objek di luar dirinya. Beberapa ilmuwan yang tergabung dalam ilmu khusuli umumnya dari para filosof dan teolog.

Sedangkan ilmu khuduri adalah ilmu yang tidak memisahkan antara subjek dan objek. Manusia diciptakan dalam bentuk paling sempurna yang dilengkapi dengan alat-alat kecerdasan internal yang memungkinkan mengakses sesuatu yang ada dalam dirinya, dengan media pendalaman batin. Kelompok yang lebih dekat dengan aliran ini ialah para sufi. Dalam sebuah hadits dijelaskan barang siapa yang memahami dirinya maka ia akan diberi kesanggupan untuk mengenal Tuhannya. Ilmu tauhid adalah ilmu khuduri yang diberikan pada kita sejak kita lahir.

Pendekatan yang pertama membayangkan Tuhan itu jauh, sehingga perlu upaya ekstra untuk mendekatkan diri, yang kedua membayangkan Tuhan lebih dekat, seperti istilah di dalam Al-Qur’an: “Kami lebih dekat dengan urat tenggorokan.” Kelompok yang kedua mengedepankan penyucian diri, untuk menjernihkan kembali pengetahuan inti yang pernah dibekali sejak lahir.

Sifat adil ada dalam diri tiap kita, tapi berapa banyak yang bersikap adil dan beradab saat sekarang ini? Siapa saja yang sudah mengamalkan Al-Qur’an dan berakhlak seperti Rasulullah saw?

Kolom Komentar