Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 232 X

Selamat Hari raya Idul Adha 1439

Halo, sahabat prayers.

Selamat hari raya idul adha, 10 Dzulhijjah 1439. Semoga hari raya idul adha tahun ini membuat kita bisa mengorbankan ego dan nafsu karena allah. Perumpamaan Qurban hewan adalah mengorbankan sesuatu milik kita yang paling berharga.

Nabi Ibrahim, kholilullah, diminta oleh Tuhannya untuk mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. Setelah Nabi Ibrahim, Ismail dan Siti Hajar setuju dengan ridho  dan ikhlas karena Allah SWT menerima pengorbanan ego/nafsu mereka. Maka, Allah ganti pengorbanan mereka dengan seekor kambing, karena manusia itu berisi ruh Allah, tidak boleh dibunuh tanpa izin Allah lewat pengadilan atau dalam peperangan yang diridhoi Allah.

Pada zaman sekarang yang mesti diqurbankan adalah harga diri dan kesombongan. Jangan hanya mengorbankan hewan, malah semakin sombong nantinya, dan menjadikan ketidak ikhlasan

Berarti ketika binatang qurban disembelih, serentak kita mengupas sifat-sifat hewani atau tabiat binatang yang ada dalam diri kita, kita kikis dari kepala dan rongga dada kita. Buang juga nafsu sampah yang murahan, yang tidak berkwalitas, yang hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Sebaiknya segera dibuang dari dalam pikiran dan perasaan. Itu pengorbanan yang sebenarnya, dan disimbolkan dengan pengorbanan udhiyah.

Sahabat prayers, yuk kita jadikan idul adha pada tahun ini sebagai simbolisasi dari pengorbanan dan pembunuhan sifat-sifat hewani atau tabiat binatang yang ada dalam diri kita. Kita buang dan kita ganti dengan sifat-sifat baik yang dimiliki rasulullah SAW perlahan-lahan. Kita mulai dari hal-hal yang kecil dengan memperbaiki cara berfikir kita. Insyallah, Kurban tahun ini menjadi berkah bagi dunia dan ahkiratt.

Jangan lupa saling doa !

 

Kolom Komentar