Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 162 X

'Uzlah

Sahabat prayers
yuk ber uzlah. ‘Uzlah ialah mencabut diri dari suatu lingkungan yang keruh, dimana posisi kita di sana tidak mampu membersihkannya, bahkan kemungkinan diri kita akan terkontaminasi oleh kotoran/ kemungkaran yang ada dalam lingkungan tersebut.

Dalam posisi seperti itu, sebaiknya kita berpisah dengan cara yang baik dari lingkungan tersebut, sehingga bila suatu saat kemampuan kita meningkat, keimanan kita meninggi dan ketakwaan kita menebal, maka pada saat itu kita akan kembali ke lingkungan tersebut. Kita kembali untuk membersihkan tempat yang keruh dengan air yang bening. Karena tidak mungkin kita membersihkan tempat itu dengan air yang keruh.
Jadi, ber-‘uzlah itu ialah kita mencabut diri dari lingkungan yang penuh maksiat, kemudian membersihkan diri dan selanjutnya membina diri; barulah terjun untuk memperbaiki lingkungan tersebut.

Begitulah yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW ketika di Mekkah. Pada saat jahiliyyah menyelimuti kota Mekkah, Rasulullah SAW mencabut diri dari kota Mekkah dan ber-‘uzlah di Gua Hira. Di sana beliau membekali diri dengan mencari hidayah, merenung, tafakur, meminta petunjuk dari Pencipta alam.

Pencipta/ Pemiliknya Jabbaar, Qohhaar (Pemaksa); semua kita bisa dipaksa hidup.
Allah SWT mengidupkan kita tanpa meminta pendapat kita, misalnya ditanya apakah engkau mau hidup?, mau lahir di mana?. Semau-Nya sendiri, sesuka-suka Dia, dilahirkan kita seperti ini, begini. Kemudian atas kemauan Dia sendiri, dibunuh-Nya kita (wafat) sesuka Dia caranya, di mana saja, kapan saja, semau Dia dan Dia memiliki kekuasaan tanpa batas dan berkemampuan tak terhingga.

Kolom Komentar