Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 302 X

Modernisasi bukan westernisasi

Asalamualaikum, sahabat prayers

Selamat beristirahat, semoga segala aktivitas yang telah kita lakukan minggu ini dapat mendatangkan pahala dan menghapus dosa, aamiin. Kita tentu sering kali mendengar kata modern atau orang modern. Tetapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan orang yang modern itu, apakah bisa dilihat dari penampilan atau gaya hidup seseorang? Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan modern.

Modern adalah suatu pola pikir dinamis dan terbuka. Orang yang modern akan melepas keterikatannya dari adat istiadat atau apapun yang tidak berguna dan mau menerima sesuatu yang baru asal berguna.

Beberapa tanda orang yang memiliki pola pikir atau orientasi berpikir modern adalah:

-           Selalu berorientasi pada masa depan

-           Orang yang memiliki pola pikir modern selalu berpikir kritis, ingin mengetahui latar belakang setiap kejadian atau ucapan.

-           Orang yang berpikir modern selalu berorientasi kepada karya.

-           Manusia modern bersikap terbuka, tidak menutup diri terhadap lingkungan.

Bagaimana dengan modernisasi insan muslim ?

Insan muslim modern bersedia menerima yang baru asalkan benar dan bermanfaat. Sebaliknya, ia berani meninggalkan tradisi atau kebiasaan bila itu berbahaya dan tidak berguna. Hal ini sangat sesuai dengan syariat Islam yang menganut kesholehan, yang artinya benar dan bermanfaat, juga pesan Nabi SAW untuk selalu bermuhaasabah.

Yuk sahabat prayers kita jadikan diri kita sabagai insan muslim yang modern, jangan lupa saling doa ya

Kolom Komentar