Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 189 X

Puasa

Asalamualaikum sahabat prayers
Selamat menunaikan ibadah puasa
Sahabat prayers puasa mempunyai tingkata yang berbeda.
Puasa terbagi menjadi tiga :
1.   Puasa orang-orang awam, yakni berpuasa dengan menghindarkan diri dari makan dan minum, serta melaksanakan syarat-syarat sah puasa sebagaimana terurai dalam kitab-kitab fiqih.

2.   Puasa orang-orang khusus (V.I.P), yakni berpuasa dari makan dan minum, ditambah dengan menghindarkan diri dari dosa dan maksiat. Mengendalikan mata, telinga, lidah dan anggota tubuh lainnya dari segala perbuatan dosa dan maksiat.


3.   Puasa orang-orang yang paling khusus (V.V.I.P), yakni berpuasa dengan tidak hanya melaksanakan kewajiban dan meninggalkan yang haram, tetapi berpuasa dengan menghindarkan diri dari segala sesuatu yang menjadikan pikiran dan perasaannya lalai dari ingatan kepada Allah SWT.


 Puasa tingkat satu tetap sah, tidak wajib ganti, namun tidak berdampak positif, karena pelaku puasa tingkatan ini tidak berubah sikap mentalnya, dia berpuasa hanya melaksanakan kewajiban saja. Sedangkan puasa tingkat kedua, puasa V.I.P dan puasa tingkat tiga, puasa V.V.I.P dapat dilihat dampak dari puasa tersebut. Karena pelaku puasa tingkat ini menjadi bertambah "malakut", yaitu bertambah, sholeh, baik, dermawan dan bertambah peduli kepada sesama; terkikis amarah, hilang dendam, musnah segala sikap tercela dalam dirinya.

Semoga kita semua dapat melaksanakan puasa tingkat tiga ini. Amin!

Kolom Komentar