Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 58 X

Seimbang

Intisari Surrah at-taubah
1. Allah SWT mencintai orang baik (yang bertaqwa).
Bagaimana bisa ada perjanjian aman dari Allah dan Rasul-Nya dengan kaum musyrikin?, kecuali mereka yang kamu telah adakan perjanjian dengan mereka di dekat Masjidil Haraam. Maka selama mereka berlaku lurus terhadapmu, hendaklah kamu berlaku lurus pula terhadap mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa.
Q.S. At-Taubah ayat 7

2. Aturan Toleransi
Bagaimana mungkin, karena mereka itu bila mendapat kesempatan mengintai kekuatan kalian dan tidak menepati perjanjian, mereka bermanis mulut padahal hati mereka menolak kebanyakan, kebanyakan mereka lepas iman.
At-Taubah ayat 8

3. Yang buruk ialah mereka yang mempolitisir tafsir ayat suci Al-Qur’an untuk kepentingan golongan; kampanye dengan cara menjualnya dengan harga murah
Mereka menjual ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit, lalu mereka menghalangi manusia dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka kerjakan itu.
At-Taubah ayat 9

4. Da’wah di jalan Allah (fi sabilillah) banyak rintangan
Mereka tidak memelihara hubungan baik dengan kaum beriman dan tidak pula memegang perjanjian. Mereka memang para penjahat.
At-Taubah ayat 10

Membuat keseimbangan seharusnya dilakukan secara jujur, membuat keseimbangan antara kepentingan gizi terjamin antara jasmani dan rohani (kalau kebanyakan makan jadi malas tidak  beribadah, sebaliknya kalau kebanyakan wirid malas bekerja.
Jadi harus seimbang); antara tegas dan bijaksana, antara sabar dan maaf, juga antara kasih dan keadilan.



Kolom Komentar