Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 73 X

Ar-Rahim

Ar-Rahim artinya Maha penyayang. Allah SWT menganugerahkan kasih sayangnya kepada orang-orang pilihan, yaitu mereka yang senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, mengakui zat-Nya sebagai Tuhan yang esa, tunggal, ahad dan mencintai-Nya serta mencintai Rasul-Nya melebihi cintanya kepada siapa pun dan apa pun di dunia ini, menjadikan Al-Qur’an dan sunnah Nabi sebagai pedoman hidupnya. Mereka inilah orang-orang terpilih yang kelak di akhirat mendapat kasih sayang-Nya.
Ada perbedaan antara pengasih dan penyayang, sebagai contoh; bila kita melihat orang minta-minta di jalanan kita memberinya uang, semata-mata hanya kasihan kepadanya, bukan karena sayang, sebab bila kita menyayanginya tentu kita tidak memberinya uang karena dengan memberinya uang kita tidak mendidik mereka untuk hidup lebih baik. Sedangkan bila kita menyayangi seseorang, misalnya seorang anak, kita akan membimbingnya, bila dia bersalah kita akan menegurnya bahkan sekali-kali menghukumnya supaya jera. Tidak setiap saat dia meminta sesuatu kita beri, bila permintaannya ternyata membahayakan kesehatannya atau keselamatannya.
Demikian pula Allah SWT akan menyayangi orang-orang pilihan, sekali-kali diberinya ujian berupa kesusahan, kekurangan dan lain sebagainya agar bertambah kuat imannya, agar bertambah tinggi derajatnya di sisi-Nya, karena bila kita diberikan suatu ujian oleh Allah SWT dan kita menghadapinya dengan penuh kesabaran dan senantiasa bertawakkal kepada-Nya, insya Allah selain meningkatkan derajat kita di sisi-Nya, ujian tersebut dapat pula menghapus dosa-dosa kita

Kolom Komentar