Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 240 X

Hati nurani

Sahabat prayers 
Kita lakukan pengadilan terhadap diri kita sendiri (introspeksi). Tanyakan pada diri sendiri, beberapa hari lalu hingga kini melangkah ke mana saja? Niat untuk apa? Jumpa siapa? Berkata apa saja? Tangan memegang apa saja? Telinga mendengar apa saja?

Semua anggota tubuh dilakukan pemeriksaan, termasuk perut, diisi apa saja? Lalu renungkan, apakah semua perbuatan itu sah, tidak melanggar peraturan Allah SWT dan peraturan negara?, tidak tersangkut yang haram?

Bila jawaban dari dalam hati semua baik, yakin semua itu dilakukan dalam pengawasan Allah SWT, alhamdulillah. Namun, bila jawaban dari dalam hati ada banyak atau sedikit pelanggaran, maka merenunglah, betapa bahayanya masa depan kita bila tidak bertaubat.

Kemudian periksa, apa penyebab timbulnya kenakalan dan perbuatan buruk itu. Yakinlah kenakalan itu semua terbit dari hati yang berpenyakit

Setiap manusia masih ada harapan menjadi baik bila masih hidup hati nuraninya.Hati nurani itu guru sejati yang mampu memberi nasehat kebaikan, asalkan insan itu mau mendengarkan nasehat sayang dari hati nuraninya sendiri.

Audit sendiri rizqi yang diberikan Allah SWT, bagaimana mendapatkannya?, ke mana dan untuk apa mengeluarkannya atau membelanjakannya?

Kolom Komentar