Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 120 X

Qona'ah

Sahabat prayers
Qona’ah (mandiri) adalah upaya meningkatkan kemampuan agar dapat mandiri, tidak bergantung kepada orang lain, sesuai dengan kemampuan sendiri. Ketergantungan membuat seseorang tidak merdeka, kecuali ketergantungan kepada Allah SWT, karena kita tidak dapat mengatakan tidak terhadap apapun yang diputuskan Allah SWT.

Kita hanya bisa mengatakan “iya, aku patuh, aku tunduk dan aku menurut karena Engkau Tuhanku”, tetapi kepada kepada selain Allah, kita dapat mengatakan “iya”, dapat juga mengatakan “tidak”. Untuk dapat mengatakan “iya” atau “tidak”, kita harus berqona’ah sehingga setiap saat kita merasa berkecukupan, menikmati apa yang ada dan tidak mendambakan yang tidak ada.
Bila menghendaki sesuatu hanya dijadikan cita-cita, tidak diingini hingga dapat memilikinya. Setelah ada dalam jangkauan barulah terbit keinginan, sehinga keinginan itu selalu berada di bawah ambang kemampuan. Keinginan yang melebihi kemampuan dapat menjerumuskan orang menjadi pencuri, koruptor, penipu, pemeras dan lain-lain.

Bayangkan bagaimana bila mati dalam keadaan seperti itu? Karena hidup ini adalah perjalanan kembali pulang kepada Allah SWT. Maka jangan pulang dalam keadaan berlumuran dosa; cuci, cepat bangkit, cabut diri dari tepi jurang, jangan mendzalimi diri sendiri, selamatkan diri anda dan sayangi diri anda. Raihlah kasih sayang Allah SWT.

Kolom Komentar