Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 307 X

Menjaga kesehatan ruh

Asalamualaikum, sahabat prayers

Syukur, puji bagi allah pencipta segala rahmat, semoga kita selalu berada dipelukan maha cinta, maha pemaaf aamiin. Hanya kita sendiri Yang dapat menjadikan diri kita menjadi baik ataupun jahat adalah diri kita sendiri (tentu atas izin Allah SWT). Dalam pendidikan jasmani kita kenal “Akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat”, itu benar, tetapi lebih benar lagi tubuh yang sehat diisi oleh jiwa (hati) yang sehat. Dengan demikian kesehatan roh kita harus senantiasa dijaga agar badan kita juga tetap sehat.

Kita harus ikhlas, yaitu segala perbuatan yang kita lakukan adalah karena Allah SWT, untuk Allah SWT dan bagi Allah SWT. Ikhlas ini merupakan salah satu kunci diterimanya ibadah yang kita lakukan.

Semua kejadian di masa lalu, yang telah kita lewati adalah impian belaka. Karena itu, tidak layak bersedih dengan segala yang telah menimpa kita, dan tidak ada untungnya menyimpan dendam. Kita harus lulus dari semua ujian yang Allah SWT berikan dengan mengalirkan diri dalam arus maupun goncangan gelombang kehidupan sambil ridho dan menerima dengan ikhlas dan lapang dada.

Sesungguhnya ujian itu tidak berat, karena Allah SWT tidak akan membebani hamba-Nya dengan sesuatu yang tidak mampu dipikul oleh hamba-Nya. Beban itu terasa berat karena kita tidak rela menerimanya, tetapi bila kita ridho pasti menjadi ringan.

Pengemudi becak mengayuh becaknya dengan muatan dua orang gemuk sambil senyum dia, itu karena ridho/ cinta kepada keluarganya. Ibu tidak tidur di malam hari, memluk bayinya yang sedang sakit. Ia tidak merana karena ridho dan cinta kepada anaknya. Ini berarti kita tidak boleh banyak mengeluh. Tetapi berusahalah, kemudian tawakkal, karena Allah SWT akan memberikan segala sesuatu setelah kita berusaha dan berdoa.

Kolom Komentar