Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 299 X

Fitnah

sahabat prayers

Fitnah terdiri dari:
- Pemfitnah.
- Korban fitnah; selalu berjumlah besar.
- Penyebar fitnah.
- Pendukung fitnah.
Fitnah ialah menyebar kebohongan yang mengorbankan orang lain. Perbuatan ini timbul karena kebencian, atau karena beriman kepada katanya, sedang dia tidak menghayati Al-Qur’an.
1. Pemfitnah.
Orang yang mengarang kebohongan untuk membunuh karakter orang yang dibenci atau lawan politiknya. Orang seperti ini sangat dibenci Allah swt, walupun dia beribadah, tetapi dosanya amat besar. Dan demi keadilan, amalnya yang baik akan diberikan teruntuk korban fitnahnya.
Wajib tabayyun bagi setiap orang. Dan orang beriman mencari fakta yang sebenarnya, tidak beriman hanya kepada katanya, walaupun dia suka kepada penyebar fitnah itu. Kebenaran harus dicari, agar tidak dimasukkan dalam kelompok orang-orang zalim.


2. Korban Fitnah.
Korban fitnah adalah orang yang dizalimi, bisa jadi orang yang difitnah ini lebih shaleh daripada pemfitnah.
Betapa kejam dan besarnya dosa pemfitnah itu.

3. Penyebar Fitnah atau pembawa fitnah.
Penyebar fitnah ini mendapat dosa lebih besar lagi, karena mereka mengorbankan yang difitnah dan membohongi penerima fitnah, sehingga mereka sesat politik memusuhi orang yang baik dan membela orang jahat yang menggunakan taktik politik fitnah, ditambah lagi dosa memecah belah bangsa dan ummat.
Memang manusia bila menyukai seseorang atau suatu kelompok, dia akan menerima berita apapun walaupun salah. Sebaliknya dia akan menolak berita dari orang yang dibenci, yang bukan kelompoknya, walaupun benar.
Inilah orang yang sudah melepaskan diri dari beriman kepada Al-Qur’an, menjadi beriman kepada kelompok.


4. Pendukung Fitnah.
Mereka ini juga tidak luput dari dosa dan siksa di akhirat, karena mereka sudah mengorbankan orang banyak dan agama, sengaja maupun tidak sengaja.
Mengapa tidak tabayyun mencari fakta yang sebenarnya.
Apa yang kita lihat pasti benar.
Apa yang kita dengar belum tentu benar.

Kolom Komentar