Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 127 X

Niat (Tekad)

Sahabat prayers
Pasang niat yang tulus sebelum melakukan perbuatan. Allah SWT menyayangi seorang manusia yang berhenti sejenak untuk memasang niat dengan mengosongkan semua muatan dalam pikiran dan hatinya, lalu diisi hanya untuk Allah, karena Allah dan demi Allah. Kemudian dipasang mantap niat itu dalam pikiran dan perasaan. Bismillahir rahmani rahim,  berangkatlah beramal saleh.

Kini, untuk meningkatkan pangkat (maqom) di sisi Allah, lakukanlah muhasabah diri setiap hari atau setiap minggu, dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Lakukan intropeksi diri, memeriksa kewajiban-kewajiban yang diperintahkan dalam Islam, sudahkah diamalkan semua?, ikhlaskah mengamalkannya?

2.     
Periksa diri, adakah melakukan pelanggaran-pelanggaran?


3.     
Dalam sehari 24 jam, berapa jam Anda merasakan bersama Allah dan berapa jam lalai tidak mengingat Allah? Sesali kelalaian tersebut dan pasang niat akan selalu mengingat kebersamaan Allah, dan merasa selalu dalam pengawasan dan pemeliharaan Allah. 

Apa yang Anda lakukan atas kelebihan yang Allah anugerahkan pada Anda?, harta?, kecerdasan?, ilmu?, kekuatan?, anggota tubuh, semua kelebihan yang Allah berikan?, diapakan?, dikemanakan?, untuk apa?, bagaimana?, di mana?, kenapa Anda lakukan?

Mohon Anda jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian bersyukurlah bila jawaban Anda semua baik. Tapi, bila ada yang tidak diridhoi Allah, sebaiknya segera bertaubat sebelum dijemput untuk kembali menghadap-Nya.

Kolom Komentar