Web Analytics
FLASH ARTIKEL
Dibaca 163 X

Kesenangan

Sahabat prayers 
Banyak manusia hanya berpikir bagaimana agar hidup senang? Tidak mau berpikir bagaimana agar mati senang? Bagaimana agar di alam barzah senang? Dan bagaimana agar senang selama-lamanya di sana, di alam abadi nanti?

Karena di dunia manusia menderita ketika banyak berkeinginan, berarti derita itu dapat dikurangi dengan mengurangi keinginan; Lawanlah keinginan dengan mempertebal kesabaran.
Manusia menderita di dunia karena tidak mau menerima keadaan atau kenyataan; Dia berkeluh kesah, musim hujan marah, musim panas juga marah. Rizqi berapapun selalu dirasakannya kurang, tetap mengeluh dan mengeluh lagi. Penyebabnya adalah karena  selalu ingin banyak materi, padahal materi tidak membuat senang.

Badan mengikuti hati; Bila hati senang dan tenang, maka akan membantu kesehatan badan. Oleh karena itu, kendalikan hati mengikuti petunjuk Al-Qur’an suci, hatipun ikut menjadi suci. Hati suci selalu tenang, merasa bersama Ilaahi.

Siapapun yang pasrah dan ridho kepada Allah, maka dia akan merasakan kesenangan jelang kematiannya. Karena orang yang mencintai Allah bersenang hati menjelang mati, dia senang dan tenang akan kembali kepada Tuhannya, dia memang sudah siap menunggu datangnya jemputan untuk mengantar berpindah hidup ke alam transit (barzah) dan selanjutnya pindah ke alam permanen (akhirat).

Kolom Komentar